Tuesday 12 June 2012

Mengatasi WC mampet

WC mampet emang bikin pusing... saya pengen berbagi pengalaman sendiri neh.
Ceritanya saya baru pindah kontrakan neh, tp udah lumayan juga seh hampir 2 tahun. Waktu saya pulang kerja tiba2 istri saya marah2 bilang WC nya gmana tuh mau buang air gk bisa..
Saya siram terus sampai habis air di bak mandi pun tetep ja gk bisa.. Akhirnya saya telephon deh tuh jasa penyedot WC, singkat cerita di sedotlah septictank nya.. setelah disedot dan diperkirakan sudah kosong,WC masih tetep gak lancar, akhirnya si tukang menawarkan untuk ditembak dari lobang Closet pakai alat yang namanya submersible pump, setelah itu baru lancar lagi tuh WC...
Nah.. biayanya lumayan mahal, untuk sedot WC dibandrol Rp 150.000 dan untuk tembak closet juga Rp 150.000
submersible pump

Ada cara yg lebih praktis dan murah, yaitu menggunakan SODA API (soda flek NaOH), belinya di toko material atau toko kimia. Caranya masukan 5-10bks soda api di closet pada waktu malam hari sebelum tidur, maksudnya supaya WC jangan dulu digunakan dalam jangka waktu lumayan lama, besok paginya WC sudah lancar kembali.
SODA API

Kelemahan memakai soda api ini jika yang membuat mampet adalah benda keras seperti plastik dan lainya tidak bisa hancur dengan mudah dan jika terlalu banyak memakai soda api malah akan merusak pipa saluran. 
Satu bungkus soda api 1/2kg harganya sekitar Rp 7000-Rp 10.000. Kalo cuma 10 bungkus jadinya Rp 70.000 (lebih murah dari jasa sedot WC)
Sekarang terserah kita mau pilih cara yang mana, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Pak, setelah ditembak gitu, sampai sekarang apakah ada masalah ? Karna WC saya Juni kemarin juga udah disedot, tapi sekarang mampet lagi, jangan2 mesti ditembak juga nih.. Thx infonya pak

    ReplyDelete

Lightning Bolt 2 Flaming Arrow