Tuesday 26 June 2012

Tips Membeli Laptop (newbie)


Ketika kita baru akan membeli Laptop kita akan diperlihatkan berbagai specifikasi dari laptop tersebut. Sebagai contoh:
Lenovo Z470-4099 (intel core i3 2310M 2.1 GHz, DDR3 2GB, HDD 640GB, DVD-RW, VGA Nvidia GeForce 520M 1GB, LCD 14.1”, DOS)
Disini saya akan berbagi bagaimana memahami specifikasi tersebut:

1. Lenovo Z470-4099
Adalah merk dan type dari laptop, seperti Acer, Toshiba, Dell dan lainya. Belilah laptop dengan merk yang sudah terkenal dan tidak diragukan lagi kwalitasnya.

2. intel core i3 2310M 2.1 GHz
Maksudnya adalah jenis dan ukuran kapasitas processor dari laptop. Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Ukuran giga hertz (GHz) adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Semakin besar GHz maka semakin cepat komputer/laptop mengolah data.
Untuk jenis processor yang terbaru saat ini adalah intel core i7. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.

3. DDR3 2GB
Maksudnya adalah memiliki jenis memori RAM (Random Access Memory) DDR3 dan ukuran kapasitas memori  2 Gigabite
Random access memory (RAM) adalah suatu tempat penyimpanan data komputer . RAM sering disebut jenis memori mudah menguap, dimana informasi yang tersimpan akan hilang jika daya listrik dihilangkan. 

Pada komputer  modern, RAM datang dalam bentuk yang mudah diupgrade dari modul yang disebut modul memori DRAM. yaitu dapat dengan cepat diganti jika rusak atau ketika ingin menambah kapasitas penyimpanan. Semakin besar kapasitas penyimpanan akan meringankan kinerja komputer/laptop.

4. HDD 640GB
Maksudnya adalah memiliki Harddisk sebesar 640 Gigabite
Cakram keras atau harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini sudah mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.

Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar
Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

5. VGA Nvidia GeForce 520M 1GB
Maksudnya adalah memiliki VGA (Video Graphics Adapter) pabrikan dari Nvidia dengan type 520M dan kapasitas 1GB. VGA adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. Sehingga semakin besar kapasitas semakin baik pula hasil output/gambar dari computer apalagi jika digunakan untuk game akan lebih seru.

 Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.

6. DVD-RW, LCD 14.1”, DOS
Maksudnya adalah memiliki DVD-RW (DVD Read and Write) yang berfungsi untuk membaca DVD dan juga dapat digunakan untuk menulis atau meng-copy DVD.Jika tidak tersedia (seperti Netbook) maka bisa juga beli yang eksternal.

LCD 14.1” berarti memiliki layar/screen yang berukuran 14.1 inchi
DOS berarti laptop ini masih kosong tanpa OS (operational system) seperti windows atau linux, dan kita sendiri yang install OS nya original atau yang versi bajakan. Jika beli yang sudah termasuk OS seperti windows 7 home premium berarti dapat OS yang original.

 Semoga bermanfaat...





1 comment:

Lightning Bolt 2 Flaming Arrow